Jumat, 30 April 2021

Sharing Pengalaman Migrasi Project Android dari Java ke Kotlin

Halo semuanya, sudah lama saya tidak buat post. sesuai judulnya, di postingan ini saya akan share pengalaman saya terkait migrasi project Android dari Java ke Kotlin. Tapi, sebelum saya mulai share poin-poin penting saat migrasi ke project android, saya akan menjelaskan dulu kondisi project yang sedang saya handle.

Kondisi Awal Legacy Code

1. Project masih menggunakan Java 100%.

2. Project menggunakan butterknife,


Kondisi Yang Dituju

1. Membuat code-code baru dapat ditulis dengan Kotlin dengan mulus, lancar, tanpa error, kode Java yang lama harus tetap bisa berjalan dengan normal pula.

2. Mengupdate beberapa dependency lama (termasuk gradle)


Tips

1. Ketika kita mulai memasukkan apply-plugin : 'kotlin-kapt', maka jangan lupa untuk update semua dependency yang menggunakan 'annotationProcessor' menjadi 'kapt'. Mengapa? hal ini karena kotlin secara otomatis akan menghandle dependency 'kapt' seperti 'annotationProcessor', sedangkan kotlin sendiri tidak bisa menghandle dependency dengan keyword 'annotationProcessor'. (namun pastikan juga


2. Saat mengupdate versi gradle, pastikan anda cek juga library-library/dependency yang anda gunakan, agar kita bisa menaikan Gradle version sesuai dengan library yang sudah kita gunakan. Hal ini perlu untuk dilakukan agar ketika gradle version anda di upgrade, progam tetap bisa dijalankan. Karena jika kita sudah upgrade gradle version tapi ternyata ada library yang belum support versi gradle yang kita tuju, bisa pusing kita, harus cari library penggantinya hehehe.


3. Mulailah menulis kode se-clean mungkin, serapih mungkin.

Jangan abaikan warning-warning yang ada di IDE anda. Karena berdasarkan pengalaman saya dengan legacy code yang saya terima, dan banyak warning2 yang diabaikan biasanya rawan terjadi runtime error/crash. selain itu dengan mengikuti warning yang ada kita bisa membuat code yang lebih readable, non-coupled (tidak terikat/lebih modular). Karena kalau kita bikin code yang nggak rapih maka ada 2 kekurangan; yang pertama adalah kalau anda masih bekerja di tempat yang sama, maka kode yang telah anda tulis pada masa lalu secara malas itu akan menghukum anda di masa depan, dan yang kedua adalah Anda berdosa kepada orang lain/suksesor anda yang akan melanjutkan project legacy yang telah anda buat.



sekian dulu postingan saya, mungkin nanti akan saya update lagi ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kalau mau nanya-nanya soal komputer juga bisa request disini kok, komen aja disini.. itung-itung sharing buat nambah ilmu dan teman

jangan lupa komen ya ^_^