Kamis, 29 November 2012

Cara Membuat Antenna Grid dari Wajan Bolik

Wajan Bolic adalah sebuah alat yang diciptakan sebagai alat penguat signal wi-fi di sebuah area yang terdapat sebuah wi-fi. Alat ini dibuat karena lebih murah dari pada alat-alat lainnya. Dengan peralatan wi-fi USB yang terpasang di wajan dengan muka yang ditutupi sebagian pipa paralon yang di lapisi oleh alumunium.


wajan bolic dibuat dengan
memasang sebuah USB WLAN ke dalam sebuah PVC paralon yang sudah dilapisi oleh alumunium foil kemudian di pasang di sebuah wajan sebagai disknya (reflector). Setelah selesai sambungkan dengan kabel USB yang bisa di perpanjang dengan kabel UTP. Gambar dibawah adalah contoh pengukuran dalam proses pembuatan wajan bolik.
Bagian paralon yang tidak diberi lakban aluminium wajan merupakan fokus panjang yang dapat dihitung dari diameter wajan di bagi kedalaman wajan.
Teknik membuat wajan bolik tidak hanya membuat bangsa Indonesia terkagum-kagum karena sangat sederhana. Banyak bangsa di duniapun belajar  kepada   bangsa   Indonesia   teknik  membuat   internet  murah  tersebut. Beberapa bangsa di dunia yang pernah mengundang untuk memberikan  teknik  antena kaleng antara lain Afrika Selatan dan sekitarnya.
2.2 Rumus Antena wajan bolik
BAHAN
1.      Wajan diameter 36 (semakin besar diametr semakin bagus)

PVC paralon tipis diameter 3 1 meter

Doff 3 (tutup PVC paralon) 2 buah

  Aluminium foil

USB WLAN

 Baut + mur ukuran 12 atau 14


USB Connector female

Kabel UTP

Double tape + lakban



3.2 PERALATAN
1.      Gergaji besi.
2.      Tang + Obeng +Kunci Pas No 13-14
3.      Soder + Timah
4.      Penggaris
5.      Cutter + Gunting
6.      Mesin Bor + Mata Bor 3 Inci 

Cara Pembuatan Singkat
Potong PVC paralon sepanjang 30 cm, kemudian beri tanda untuk jarak feeder nya (daerah bebas aluminium foil). Untuk menentukan panjang feeder nya gunakan rumus di atas.
Beri lubang pada bagian paralon untuk meletakkan N Connector, untuk itu gunakan rumus antenna kaleng.
Potong kawat tembaga yang sudah disiapkan sesuai dengan ukuran yang didapatkan dari hasil kalkulasi website di atas. Dan solderkan pada N Connector yang telah di siapkan
Selanjut nya, bungkus PVC paralon dengan dgn aluminium foil pada daerah selain feeder, klo aluminium foil yang ada tanpa perekat, maka untuk merekatkan nya bisa menggunakan double tape
Lalu pasangkan N connector ke PVC Paralon yang telah dilubangi td
Pada bagian doff (tutup PVC paralon) yang akan di pasang pada ujung dekat dengan N Connector harus di beri aluminium foil, sedangkan doff yang di pasang pada wajan tidak perlu di beri aluminium foil
Dan pasangkan doff tersebut ke PVC paralon
Kemudian, wajan yang telah di bolongi tadi dipasangkan dengan doff yang satu nya lagi, sebelum nya doff tersebut dilubangi sesuai dengan ukuran bautyang sudah di siapkan, dan kencangkan secukup nya.
Kemudian tinggal pasangkan PVC paralon tadi ke wajan yang sudah di pasang doff.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kalau mau nanya-nanya soal komputer juga bisa request disini kok, komen aja disini.. itung-itung sharing buat nambah ilmu dan teman

jangan lupa komen ya ^_^